Sabtu, 22 Agustus 2015

Sejarah Singkat PIXAR



PIXAR ANIMATION STUDIOS atau yang kita kenal dengan nama Pixar adalah studio animasi komputer dari USA yang sangat terkenal di dunia yang berpusat di Emeryville, California. Pixar terkenal dengan CGI-Film Animasinya yang sangat berkualitas. Tapi sebelum itu Pixar adalah sebuah perusahaan software dan aplikasi yang bernamaThe Graphic Group. Studio ini memang bekerja di bidang grafis dan animasi, jadi nggak salah kalo sekarang Pixar terkenal dengan animasinya. Pixar dulu bekerja sama dengan lucasfilm& pada tahun 1986 studio ini berdiri sendiri. Lalu co-founder Apple Steve Jobs datang. Meski pixar bergerak dibidang animasi, tetapi Pixar juga hampir bangkrut karena kegagalan penjualan hardwarenya.


Namun Pixar mendapat dana segar dari Disney (kelak Disney akan mengakusisi pixar) untuk memproduksi komputer berbasis grafis animasi dan di tahun 1995 bersama dengan Disney, Pixar memproduksi animasinya sendiri dengan berjudulToy Story.
Toy story muncul disaat animasi kartun 2D dariDisney menguasai namun, ia berhasil mendapat kritik dan ulasan positif dari kritikus film dan mendapat keuntungan besar dan menjadi animasi 3D pertama yang muncul di layar lebar. Dan berkat kesuksesan Toy Story itu, Pixar lalu menciptakan berbagai film dengan ide cerita mustahil dan konyol namun memiliki cerita bagus. WOW deh.


Pada saat itu Walt DisneydanPixarbekerja sama dalam membuat film-film animasi, namun fungsi sebenarnya Walt Disney adalah hanya dalam pema-saran dan distribusinya saja. Keun-tungan dan biaya produksi dibagi sama rata(50:50).Meskipun begitu, yang paling diuntungkan adalah Walt Disney, bagaimana tidak, Walt Disney memiliki hak secaraeksklusifsemua cerita dansequel(cerita lanjutan), juga mengantongi keuntungan biaya dari distribusi secara utuh, padahal yang bekerja keras dalam membuat cerita dan animasinya adalah tim Pixar. Ya karena Disney sudah terkenal jadi, Disneylah yg lebih untung.


Sampai sekarang Disney dengan Pixar masih terus memperebutkan siapa yang dapat hak ini dan itu, siapa yang mendapat bagian paling banyak. Tahun 2004 mereka mem-perbarui perjanjian, bahwa Pixar ingin membiayai sendiri biaya produksi dan mendapatkan 100% keuntungan, Pixar hanya membayar Disney 10% - 15% biaya distribusi. Paling utama Pixar menginginkan kontrol atas filmnya.


Kira2 Pixar telah menghasilkan lebih dari 15 film yang dimulai dengan Toy Story (1995). Semua film Pixar selalu menerima keberhasilan, kecuali filmCars 2 sementara sukses secara komersial, menerima pujian substansial kurang dari produksi Pixar lainnya. Semua keempat belas film telah memulai debutnya dengan rating CinemaScoreminimal "A-", menunjukkan penerimaan yang sangat positif dengan khalayak. Sungguh mengaggumkan.


Dan diantara semuanya, film Finding Nemo&Toy Story 3 adalah salah satu dari 50 film terlaris tertinggi sepanjang masa. Toy Story 3 juga menciptakan pendapatan tertinggi dengan hasil lebih dari $ 1 Milyar di seluruh dunia......WOW.....


Studio ini telah menerima 27 Academy Award, tujuh Penghargaan Golden Globe, dan delapan Penghargaan Grammy, di antara banyak penghargaan lainnya dan ucapan terimakasih. Sejak peresmian penghargaan pada tahun 2001, sebagian besar film Pixar telah dinominasikan untuk Film Animasi Terbaik (Oscar), dengan tujuh kemenangan:Finding Nemo, The Incredibles, Ratatouille, WALL-E, Up,Toy Story 3, dan Brave(bersama Monsters, Inc dan Cars hanya dua saja yang dinominasikan untuk penghargaan). Up danToy Story 3 adalah film animasi kedua dan ketiga yang akan dinominasikan untuk Film Terbaik(yang diawali dengan Beauty and the Beast).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar