Senin, 24 Agustus 2015

Fettuccine Schotel

Fettuccine Schotel


Fettuccine dan golongan pasta lainnya ternyata cukup fleksibel untuk diolah menjadi aneka makanan yang lezat. Contohnya yang saya tampilkan berikut ini, Fettuccine Schotel. Creamy, cheesydan veggie. Untuk buah hati anda yang masih balitapun oke karena cukup menyehatkan. Fettuccine-nya bisa anda ganti dengan mie, macaroni, atau spaghetti. 

Sayuran yang digunakan bisa anda adaptasikan sendiri.  Diresep aslinya seharusnya menggunakan kacang polong, berhubung stok telah habis maka saya ganti dengan broccoli. Bisa pula ditambahkan jagung manis, jamur atau kembang kol.  Isiannya pun bisa variatif,  disini saya menggunakan bakso dan sosis, boleh juga dimasukkan daging sapi cincang yang ditumis. Untuk loyangnya, sebaiknya gunakan kaca tahan panas atau pyrex. Disini saya menggunakan mangkuk-mangkuk kaca kecil dengan diameter sekitar 10 cm, 1 mangkuk cukup untuk satu porsi.

Resepnya saya peroleh dari buku Cooking Show, Hidangan Cafe Yang Sedang Tren yang dikeluarkan oleh Majalah Sedap dengan beberapa modifikasi yang saya lakukan.

Yuk kita intip resep dan cara membuatnya.


Fettuccine Schotel
Resep diadaptasikan dari Buku Cooking Show, Hidangan Cafe Yang Sedang Tren

Untuk 8 mangkuk pyrex dengan garis tengah 10 cm

Bahan:
125 gram fettuccine, rebus hingga al dente, tiriskan
3 sendok makan margarine
3 sendok makan tepung terigu serba guna
550 ml susu cair
1  sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir
40 gram kacang polong (saya tidak pakai)
50 gram keju cheddar, parut
5 butir telur, kocok lepas
25 gram keju parut untuk taburan
1 batang daun bawang (resep asli tidak ada)
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar (resep asli tidak ada)
2 butir bawang putih cincang halus (resep asli tidak ada)

Bahan isi:
5 butir bakso sapi, iris tipis (resep asli tidak ada)
1 batang wortel, potong-potong menyerupai stick kentang
5 buah sosis sapi, potong memanjang seperti wortel 

Cara membuat:

Panaskan oven set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven.  

Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan bawang bombay menjadi berubah transparan. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk hingga berbutir-butir. Tuang susu sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata.


Tambahkan fettuccine, garam, merica, pala dan gula. Aduk rata. Masukkan daun bawang dan keju parut. Aduk rata, cicipi dan angkat. Setelah dingin, tambahkan telur ayam kocok. Aduk rata. 


Tuangkan adonan ke loyang pyrex (kaca tahan panas) - saya menggunakan mangkuk-mangkuk kecil - kira-kira sebanyak 1 1/2 sendok makan adonan. Tata wortel diatasnya. Tutup dengan 1 1/2 sendok makan adonan. Kemudian tata sosis dan brocolli. Tutup kembali dengan adonan hingga hampir mencapai mulut mangkuk. Taburi irisan bakso diatasnya. 


Panggang di dalam oven hingga 3/4 matang, keluarkan dari oven, taburi dengan keju parut.Kemudian panggang lagi hingga matang. Waktu memanggang sekitar 30 menit, atau perhatikan jika muncul gelembung seperti mendidih di permukaan schotel maka schotel dianggap telah matang. Over baking akan membuat schotel menjadi keras. 

Sajikan hangat dengan saus sambal botolan. Yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar