Senin, 24 Agustus 2015

Red Velvet Cupcakes

Red Velvet Cupcakes dengan Cream Cheese Frosting & Happy Valentine's Day 2013



Seperti apa sih red velvet cake yang lezat? Adik saya, Wiwin, pernah bercerita ke saya mengenai sepotong cake merah marun ini yang dibelinya di sebuah bakery di Plaza Senayan. Wiwinmenggambarkannya sebagai cake super duper dan paling enak yang pernah disantapnya. Tidak heran harganya pun fantastis, sepotong kecil cake dibandrol lebih dari lima puluh ribu rupiah. Tentu saja packaging yang manis berperan mendongkrak harga cake menjadi berlipat-lipat. Walau air liur menetes-netes saat kami membahasnya, tetap saja saya enggan untuk mencoba turut membelinya. Tidak masuk akal sekali rasanya sepotong kecil cake dihargai hingga semahal itu. Kepala saya justru mulai bertanya-tanya, bahan apakah gerangan yang digunakan untuk membuat si red velvet hinggakonon katanya rasanya luar biasa laziz. ^_^


Red velvet merupakan cake dengan warna merah gelap, merah cerah atau merah kecoklatan. Versi tradisionalnya cake ini dibuat sebagai cake lapis (layer cake) dan di beri topping cream cheese atauroux icing. Warnanya yang kemerahan dihasilkan dari perwarna makanan yang ditambahkan ke adonan. Bahan yang umum digunakan untuk membuat red velvet adalah buttermilk, mentega, tepung, coklat bubuk, akar bit dan pewarna makanan berwarna merah.

James Beard dalam American Cookery tahun 1972, menjelaskan tiga jenis red velvet cake yang masing-masing berbeda dari sisi komposisi lemak dan mentega, serta minyak sayur yang digunakan. Ketiga jenis cake tersebut semuanya menggunakan pewarna makanan merah, namun reaksi yang terjadi dari vinegar yang asam dan buttermilk sepertinya membuat warna merah anthocyanin yang terdapat di dalam coklat bubuk menjadi lebih menonjol, selain itu juga menjaga cake agar tetapmoist, mengembang dan ringan. Sebelum bubuk coklat jenis 'Dutch Processed' diperkenalkan secara luas maka warna merah lebih umum ditampilkan. Penambahan bubuk coklat menciptakan warnamerah gelap yang alami yang mungkin menjadi sebab mengapa cake ini menyandang nama 'red velvet' sebagaimana kue bernama 'Devil's Food' dan kue-kue sejenis lainnya.

Kembali ke cupcakes yang saya posting ini. Untuk membuat cupcakes ini sangat mudah. Seperti biasa bahan kering dan basah dipisahkan terlebih dahulu dan dicampur secara terpisah, baru kemudian setelah semua bahan basah dikocok maka bahan kering seperti tepung terigu dan teman-temannya dimasukkan. Anda bisa menggunakan mentega yang dikocok terlebih dahulu dengan gula pasir hingga kembang, atau gunakan versi simple dengan mencairkan mentega (bisa diganti dengan margarine dan minyak sayur) dan mencampurnya langsung dengan telur dan bahan lainnya dengan menggunakan mikser. Seperti yang telah dijelaskan di paragraph di atas, cake ini menggunakan white vinegar yang jika bereaksi dengan buttermilk akan membuat warna coklat bubuk menjadi gelap dan kemerahan. Selain itu juga membuat cake menjadi lebih lembut, ringan dan moist. Untuk buttermilk, karena sulit mencarinya di Indonesia, maka anda bisa membuat buttermilk sendiri dengan mencampurkan 250 ml susu cair dengan 1 sendok makan white vinegar (bisa diganti dengan air jeruk lemon/jeruk nipis). Saya mengganti susu cair dengan krim kental agar rasa cake lebih nendang.

Satu hal lagi jika anda berminat untuk membuat cake ini, isi kertas cupcake 3/4 tinggi kertas agar cake membulat cantik dan jangan memanggangnya hingga permukaan cake terlalu kering, memanggang terlalu lama akan membuatnya kurang moist, teksturnya menjadi kering dan terlalu remah. Gunakan pewarna makanan yang berkualitas baik, karena cake ini membutuhkan dosis pewarna yang cukup banyak untuk membuat warna merahnya keluar dengan cantik. Anda bisa menggunakan pewarna merah alami seperti bit merah jika enggan berurusan dengan pewarna sintetis.

Untuk teksturnya, cake ini moist, lembut dan ringan namun menurut saya rasanya sendiri tidak terlalu istimewa. Tidak seperti bayangan saya semula. Walau moist dan lembut namun kurangcreamy untuk lidah saya. Next time jika saya akan membuatnya lagi, saya akan mencoba memasukkan porsi cream cheese ke dalamnya, mungkin mampu mendongkrak rasanya. Jika anda berminat, berikut resep dan proses pembuatannya ya.

Red Velvet Cupcakes dengan Cream Cheese Frosting
Resep diadaptasikan dari Annie's Eats - Red Velvet Cupcakes

Untuk 20 - 24 buah cupcakes

Bahan:
- 345 gr tepung terigu protein rendah
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1 sendok teh baking powder, saya pakai double acting BP
- 1 1/2  sendok makan bubuk coklat
- 1 sendok teh garam
- 2 butir telur ukuran besar
- 375 ml mentega/margarine, dicairkan (bisa diganti dengan minyak sayur)
- 300 gr gula pasir
- 250 ml krim kental + 1 sendok makan white vinegar, diamkan 10 menit (resep asli menggunakan buttermilk)
- 2 sendok makan pewarna merah makanan cair
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 1 sendok teh distilled white vinegar, bisa diganti dengan air jeruk nipis/lemon

Topping: Cream cheese frosting
- 140 gram cream cheese
- 3 sendok makan mentega
- 185 gram gula bubuk
- 2 sendok teh vanila ekstrak   

Cara membuat:
Siapkan oven, panaskan disuhu 165'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyangcupcake/muffin, alasi dengan kertas cupcake. Sisihkan.

Siapkan mangkuk besar, ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking soda, dan baking powder. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula pasir, kocok dengan speed sedang hingga tercampur baik. Tambahkan telur, krim kental, pewarna merah, vanila ekstrak, garam dan vinegar, kocok dengan speed sedang hingga rata dan kental.

Kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus dikocok hingga tercampur baik. Matikan mikser.  Jangan terlalu lama mengocok jika tepung telah masuk ke adonan karena akan membuat cake menjadi keras.

Masukkan adonan ke dalam mangkuk cupcake, isi adonan hingga setinggi 3/4 tinggi mangkuk.Panggang di dalam oven selama 20 - 25 menit, putar-putar loyang selama dipanggang agar kue matang merata.

Jika permukaan kue terlihat mulai mengeras namun bagian tengahnya masih moist keluarkan dari oven, test dengan tusuk gigi, jika bagian dalam masih basah panggang kembali sebentar.

Note: jangan terlalu lama memanggang hingga permukaan cake kecoklatan, cake menjadi kering dan tidak moist.

Keluarkan cake dari loyang dan dinginkan di rak kawat hingga benar-benar dingin, sebelumfrosting disemprotkan.

Membuat frosting
Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese dan mentega, kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga putih, mengembang dan ringan. Kira-kira 2-3 menit. Kurangi kecepatan mikser menjadi sangat rendah, masukkan gula bubuk dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar