Selasa, 01 September 2015

Nugget Ayam dengan Wortel: It's Homemade!

Nugget Ayam dengan Wortel: It's Homemade!


Sudah lama sekali teman kantor saya, Tri, request resep nugget ayam ke saya. Request itupun akhirnya hanya sekedar permintaan, terlupakan, terabaikan atau tepatnya saya lupakan karena nugget bukan merupakan salah satu makanan favorit saya. Walau saya telah mendapatkan bayangan kira-kira bahan seperti apa yang akan digunakan dan bagaimana proses pembuatannya, namun meluangkan waktu di dapur untuk mencobanya terasa berat sekali. Ujung-ujungnya saya justru mendapatkan laporan dari Tri bahwa dia telah berhasil membuat nugget ayam sendiri, mengikuti salah satu resep di buku masakan yang dibelinya.  

Namun itu cerita lalu. Cerita yang sekarang adalah ketika saya menemukan resep chicken nugget yang satu ini, sontak keinginan untuk mencobanya pun muncul. Bukan karena tiba-tiba nugget menjadi makanan yang saya idamkan, tetapi karena bahan yang digunakan agak sedikit berbeda dengan resep nugget umumnya yang pernah saya baca dan dengar. Saya pun penasaran dengan rasanya. Ternyata keputusan saya sama sekali tidak salah, chicken nugget ini rasanya sangat lezat bahkan menurut saya lebih enak dibandingkan dengan yang dijual di pasaran. Selain itu, kelebihan lainnya adalah buatan sendiri jelas lebih sehat dan higienis. Ahh, yang homemade memang lebih mantap!



Bagi Tri dan bagi Ibu-Ibu lainnya, membuat makanan sendiri untuk si buah hati menjadi hal yang sangat penting, apalagi dengan makin banyaknya berita di luaran mengenai proses pembuatan nugget ayam, sosis dan bakso yang menggunakan bahan-bahan yang mampu membuat bulu kuduk berdiri. Memang cukup sulit bagi kita untuk mendeteksi bahan di dalam suatu makanan jika bahan-bahan tersebut telah tergiling, tercincang, terbumbui dan dibentuk menjadi aneka model yang menarik. Membuatnya sendiri merupakan salah satu cara untuk memberikan makanan yang sehat dan higienis bagi keluarga di rumah, lebih menyenangkan lagi jika resepnya mudah, lezat dan dengan harga yang terjangkau. Jujur saya akui, kalau ada level tingkat kesulitan dalam suatu masakan maka membuat chicken nugget ini pasti akan mendapatkan level luar biasa, sangat, amat mudah sekali. ^_^. Bagaimana tidak? Semua bahan tinggal dimasukkan, aduk dan siap dimasak. Untuk rasanya jangan kuatir so yummy! Sulit sekali untuk berhenti mengunyah potongan demi potongan nugget ini bahkan bagi mereka yang mengaku tidak maniak dengan makanan ini seperti saya.


Seringkali jika mencari resep chicken nugget di internet selalu terdampar ke resep yang mengunakan irisan daging ayam yang dicelupkan ke kocokan telur dan tepung untuk kemudian digoreng. Menurut saya versi nugget seperti ini kurang nendang rasanya dibandingkan dengan nugget yang terbuat dari daging ayam cincang yang ditambahkan aneka bumbu, kemudian dibentuk dan digoreng setelah dicelupkan ke tepung panir. Nah, resep kali ini menggunakan daging ayam cincang, wortel, sedikit tepung kanji dan tepung panir, serta ditambah satu bahan lainnya yang membuat rasa nugget ayam ini menjadi spesial, mayonnaise. Cincangan daging ayam dan bumbu lantas dikukus hingga matang dan siap dipotong dan digoreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar