Selasa, 01 September 2015

Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Ayam Ungkep Bumbu Kuning




Ayam merupakan protein hewani yang menurut saya paling fleksibel untuk disandingkan dan dicampurkan ke bahan makanan lainnya. Sedap di makan begitu saja dengan nasi hangat, sebagai salah satu campuran salad sayur yang segar, sebagai pengisi sandwich roti gandum, atau sebagaipelengkap sup jagung yang hangat. Semua makanan yang saya sebut di atas akan semakin sedap jika ditambahkan suwiran ayam di dalamnya. Bagi saya yang maniak mempersiapkan makanan praktis untuk bekal makan siang di kantor, maka mengolah ayam dengan cara diungkep dengan bumbu kuning seperti ini lebih memiliki keunggulan. Ayam bisa saya simpan di freezer untuk jangka panjang dan pagi hari kala diperlukan saya cukup memanaskannya sebentar di microwave. Biasanya saya suka menyantapnya bersama seporsi besar salad ketimun, daun selada dan tomat dengan dressing olive oil dan jeruk nipis. Kenyang, sehat, rendah kalori dan super praktis. Jadi selain chicken fajitas yang pernah saya posting sebelumnya - anda bisa klik disini untuk melihat artikelnya - maka ayam ungkep kuning juga merupakan salah satu menu yang kudu wajib tersedia difreezer saya. ^_^


Jika anda penggemar ayam goreng, maka ayam yang telah diungkep ini cukup anda goreng sebentar dalam minyak panas hingga kering permukaannya. Penggemar ayam bakar? Olesi permukaan ayam dengan kecap manis dan panggang sebentar di bara atau pemanggang kawat dan ayam panggang pun siap dalam sekejap.  Jadi ada banyak varian masakan yang bisa anda siapkan dari ayam yang telah diolah dengan cara seperti ini. Satu kunci agar ayam bisa masak sempurna dan bumbu menyerap hingga ke setiap serat daging dan tulang adalah merebusnya hingga ayam benar-benar empuk menggunakan api yang tidak terlalu besar. Jika anda menggunakan ayam kampung makaporsi air yang saya berikan di resep besar kemungkinan akan kurang, tambahkan kembali air jika ayam belum empuk dan masak hingga air habis. Jika anda menggunakan ayam negeri yang mudah sekali empuk sebaiknya gunakan api kecil agar ayam masak dan empuk secara perlahan dan memberikan kesempatan bumbu meresap dengan baik.


Membuat ayam bumbu kuning sendiri sangat mudah, jadi jika anda terbiasa membeli ayam bumbu kuning yang telah jadi di supermarket, saran saya untuk kali ini buatlah sendiri di rumah. Membuat ayam bumbu kuning sendiri selain bahan-bahannya lebih fresh, higienis dan tentu saja lebih sehat,warna kuningnya juga terjamin terbuat dari bahan yang alami bukan pewarna makanan sintetis.Selain itu biasanya ikan atau ayam berbumbu kuning di supermarket biasanya seringkali dibuat untuk menutupi kondisi bahan yang sudah tidak segar lagi. 

Tunggu apa lagi? Berikut resep dan prosesnya yang super mudah ya.  


Ayam Ungkep Bumbu Kuning
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 8 potong ayam

Tertarik dengan resep ungkep praktis lainnya? Silahkan cek link di bawah ini:
Ungkep Daging Sapi a la My Mom
Empal Gepuk Daging Sapi
Membuat Ayam Bacem Super Mantap  

Bahan & bumbu:
- 2 ekor ayam kampung muda, masing-masing belah menjadi 4 bagian + 1 sendok makan garam + 2 sendok makan air jeruk nipis
- 500 ml - 1 liter  air untuk merebus, tambahkan jika ayam kurang empuk

Bumbu dihaluskan:
- 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih 
- 2 ruas jari jahe
- 3 ruas jari lengkuas muda
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja

Bumbu lainnya:
- 1 sendok teh kunyit bubuk, bisa diganti dengan 3 ruas kunyit segar yang dihaluskan
- 1 sendok makan ketumbar bubuk
- 4 lembar daun salam
- 2 sendok teh garam  

Cara membuat:


Siapkan ayam, beri 1 sendok makan garam dan 2 sendok makan air jeruk nipis. Remas-remas dan diamkan selama 2o menit. Cuci ayam hingga bersih dan tiriskan. Garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan lendir di ayam.

Siapkan wajan, masukkan ayam dan semua bumbu. Aduk dan remas-remas hingga bumbu tercampur rata dengan ayam. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap. 

Masak ayam dengan api kecil sambil diaduk-aduk, hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan air. Masak hingga air ayam habis, tambahkan 500 ml air, rebus ayam dengan api sedang sambil diaduk hingga air habis dan ayam empuk. Jika ayam belum empuk, tambahkan kembali air danmasak hingga ayam lunak. 


Angkat dan ayam siap diolah sesuai kebutuhan. Ayam ungkep kuning bisa digoreng dalam minyak banyak hingga kering atau dipanggang dengan olesan kecap manis di permukaannya. Atau disantap begitu saja juga yummy! 

Ayam bisa disimpan di freezer untuk waktu yang lama.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar